Pendaki Jogja

Mengikuti Kata Hati Menapaki Bumi

10 TIPS MENDAKI GUNUNG

Mountaineering adalah sebuah kegiatan besar diluar Ruangan untuk mendapatkan badan Anda yang bugar dan sehat melalui tantangan dan juga latihan menyenangkan. Apakah ingin mendaki gunung di negeri ini atau di luar negeri, tubuh Anda pasti akan menghadapi beberapa tantangan kunci kebugaran, sehingga membaca tips utama kami sebelum memulai …

1.Training for mountaineering / Pelatihan untuk pendakian gunung
Mountaineering adalah sebuah pengejaran yang tidak boleh dilakukan tanpa pemahaman yang baik tentang berbagai aspek yang terlibat, mulai dari  membaca Peta dan keterampilan navigasi untuk tali temali dan pemahaman cuaca gunung. Anda pasti harus mempertimbangkan pemesanan sampai dengan menawarkan nasihat pakar organisasi terkemuka seperti di Plas-y-Brenin (Nasional Gunung Centre) atau Bergerigi Globe, yang menawarkan program perkenalan gunung yang sangat baik sampai ke ekspedisi dipandu ke puncak dunia 8.000 mdpl.

2. Preparation and planning for mountaineering / Persiapan dan perencanaan untuk pendakian gunung
Luangkan waktu untuk merencanakan dan mempersiapkan diri untuk pendakian Anda.  Ini akan menghabiskan waktu dengan baik dan kemungkinan Anda memiliki pendakian yang sukses dan menyenangkan akan jauh lebih tinggi jika Anda telah mempersiapkan dengan baik. Luangkan waktu untuk merencanakan rute Anda dan mempersiapkan kit Anda terlepas dari apakah Anda pergi untuk mendaki gunung kecil/ perjalanan pendek atau sebuah ekspedisi dalam jangka waktu yang panjang, beberapa perencanaan yang matang dapat membuat semua perbedaan. rencanakan dengan hati-hati juga, selalu periksa kit Anda.

3. Footwear for mountaineering exercise / Alas kaki untuk latihan mountaineering
Pastikan Anda berinvestasi di sepasang sepatu gunung kasar. Untuk musim panas anda dapat pergi kesepasang bukit dan berjalan dengan sepatu bot, tapi untuk musim dingin gunung yang crampon rate boot akan dibutuhkan. Kunjungi toko yang akan menawarkan saran yang baik pada mountaineering boot terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Food for mountaineering / Makanan untuk pendakian gunung
Pastikan untuk membawa banyak makanan (dan air ) pada setiap perjalanan pendakian gunung. Makanan yang menghasilkan energi tinggi dan ringan. Banyak makanan berenergi tinggi dan makanan kemasan yang kini tersedia. Makanan dapat membuat atau menghancurkan ekspedisi jadi pastikan makanan yang Anda bawa adalah sesuatu yang enak dan menyenangkan juga. Hal ini penting pada setiap perjalanan pendakian gunung untuk membawa ransum darurat jika anda berada di gunung lebih lama dari yang diantisipasi.

5. Weather watching before mountaineering / melihat Cuaca sebelum pendakian gunung
Sebelum memulai perjalanan pendakian gunung apapun pastikan Anda mendapatkan ramalan cuaca lokal. Anda selalu dapat menunda upaya kepuncak untuk hari lain, dengan kondisi cuaca yang lebih menguntungkan. Namun, setelah Anda berada pada rute pendakian gunung Anda akan sering melakukan dengan sedikit pilihan untuk mundur sehingga memeriksa cuaca di muka adalah suatu keharusan!

6. Emergency shelter when mountaineering / Hunian darurat saat digunung
Terlalu banyak kecelakaan dan cedera benar-benar harus dihindari digunung karena orang hanya meremehkan kekuatan awesome cuaca pegunungan. Selalu membawa tempat penampungan darurat, mereka kecil dan ringan tapi dapat penabung kehidupan, melindungi Anda dari elemen cuaca yang tiba-tiba berubah. Ada banyak tersedia tempat penampungan dari hanya dua orang ke tempat penampungan kelompok besar. Beberapa yang terbaik yang tersedia adalah rumah kecil atau Shelter

7. Actions for an emergency / In a mountaineering emergency
Tindakan untuk keadaan darurat /Dalam darurat gunung:
Tidak ada yang ingin berpikir bahwa kecelakaan akan pernah terjadi pada mereka tetapi akan bodoh untuk berpikir bahwa ini akan selalu terjadi. Luangkan waktu untuk mempersiapkan, dan tindakan praktek pada berbagai jenis keadaan darurat. Kebiasaan Tingkat tinggi dari pelatihan berarti Anda akan bereaksi tanpa berpikir, yang menguntungkan karena kemampuan pengambilan keputusan yang sangat terganggu pada kondisi stress dapat terhindari
* Jangan tergesa-gesa dan tetap tenang. Kalau tidak, kecelakaan kecil bisa berkembang menjadi insiden besar.
* Cepat menilai kondisi korban itu.
* Menentukan apakah mereka dapat diperlakukan dan dievakuasi oleh kelompok anda atau jika diperlukan bantuan dari luar.
* Panggilan untuk bantuan eksternal jika diperlukan dengan menggunakan ponsel Anda. Jika Anda tidak memiliki sinyal jaringan maka seseorang perlu meninggalkan untuk mendapatkan bantuan.
* Jangan pernah meninggalkan korban seorang tanpa pengawasan kecuali benar-benar tak bisa dihindari yaitu jika pendakian sebagai pasangan / 2 orang saja. Setidaknya dua orang cocok dan anggota yang dapat diandalkan kelompok harus dikirim mencari bantuan. Tuliskan referensi-grid dan deskripsi lokasi maupun luka-luka korban untuk dibawa ke jasa penyelamatan. (Sebuah penerima data lokasi dengan GPS dapat membuktikan harga yang tak ternilai dalam menentukan lokasi anda yang tepat untuk memberi untuk menyelamatkan tim).
* Pindahkan korban ke tempat hunian / aman dan tetap hangat, terhidrasi dan meyakinkan. Namun, JANGAN PERNAH memindahkan korban jika Anda mencurigai adanya cedera tulang belakang.
* Tidak pernah bergerak jauh dari rute pendakian Anda karena akan memudahkan tim penyelamat menemukan di mana anda dan akan memfokuskan pencarian mereka pada satu titik Jika Anda perlu menemukan penampungan kemudian meninggalkan tanda yang menunjukkan arah ke tim penyelamatan.

8 Emergency communications: Darurat komunikasi:
Selalu mudah mengambil telepon mobile Anda atau alat komunikasi lain(disegel dalam tas tahan air) saat Anda mendaki gunung. Dalam keadaan darurat akan menghemat waktu yang berharga jika Anda dapat menghubungi layanan darurat segera. Sadarilah bahwa kekuatan sinyal jaringan selular dapat tidak ada di beberapa daerah terpencil. Untuk radio ekspedisi tersebut penting karena mereka memungkinkan anggota kelompok untuk berkomunikasi ketika keluar dari tempat satu sama lain di gunung, tetapi juga untuk radio untuk bantuan jika diperlukan.

9 Be safe… Aman …
Gunuung adalah hobi menyenangkan tetapi ada bahaya yang tak terelakkan yang terlibat. Risiko kecelakaan atau cedera akan sangat berkurang jika Anda memulai dengan perencanaan, mudah menentukan arah dan kemudian secara bertahap meningkatkan keparahan rute Anda sebagai pengalaman dan tumbuhnya kepercayaan anda. Jika Anda menekan terlalu keras terlalu cepat ( memaksakan ) dalam perjalanan, maka kecelakaan tak terelakkan dapat terjadi, tempatkan diri Anda, tim penyelamat dan pendaki lain semua berisiko. Rencana menurut kemampuan Anda dan selalu kemampuan anggota terlemah dalam kelompok.

10 First aid / Pertolongan pertama pd kecelakaan
Hal ini juga bernilai dengan meluangkan waktu untuk melakukan investasi di sejumlah bantuan pelatihan dasar pertama karena hal ini berguna untuk memiliki pengetahuan (tidak hanya untuk mendaki gunung tapi untuk kejadian setiap hari). Program yang sangat terjangkau, mudah untuk belajar dan singkat waktu, tetapi dapat membuktikan harga tak ternilai di atas bukit atau pada waktu lainnya.  Selalu membawa kit fid pribadi pertama (pemimpin gunung selalu akan membawa kit lebih komprehensif).

Sumber http://realbuzz.com

About these ads

03/05/2010 - Posted by | CAMP, gunung, HIKING, mountain, OLAH RAGA, pecinta alam, Pendaki, pendakian, PUNCAK, TIPS | , , , ,

18 Komentar »

  1. nice post :-)

    -zaldi- / FMIPA / sistem komputer / universitas andalas

    Komentar oleh rzaldii | 04/05/2010 | Balas

    • thanks…

      Komentar oleh Pendaki | 05/05/2010 | Balas

      • Permisi, saya mau tanya. Saya lihat ada tenda Eiger, secara teknis tendanya sudah tersambung semua rusuk-rusuknya. Artinya bentuknya sudah tidak bisa diubah, beratnya 3.4k. Panjangnya kurang lebih 60 – 70cm. Pertanyaan saya, klo tenda seperti itu bawanya seperti apa? diluarkah seperti matras? Karena yang saya pernah dengar alat-alat berat harus ditaruh paling dekat dengan tulang belakang. Terimakasih banyak

        Komentar oleh Gorga | 15/01/2011

      • ada yang bawanya seperti itu, tapi kayaknya mengganggu gerak deh.
        ada yang di masukan dalam tas langsung dengan kondisi memanjang, tapi kurang efisiensi tempat di dalam tas.
        ada yang di lepas dan untuk tendanya di gulung seperti Sleeping bag dan untuk tiang fibernya di masukan di antara matras bag dan kain luar tas. untuk pasak biasanya bareng sama fibernya.. kalau saya biasanya lebih enak seperti itu. lbh ringkas. mungkin berguna.. trim dah berkunjung..

        Komentar oleh Pendaki | 09/02/2011

  2. Informatif dan sangat berguna bagi pecinta kegiatan outdoor. Salam pendaki…

    Komentar oleh madurejo | 06/05/2010 | Balas

    • Trim Boss…… Salam Kembali…..

      Komentar oleh Pendaki | 07/05/2010 | Balas

  3. [...] Top 10 tips untuk pendakian gunung [...]

    Ping balik oleh Top 10 tips untuk pendakian gunung | CatPerKur | 09/07/2010 | Balas

  4. terima kasih atas artikelnya mas,salam kenal :)

    Komentar oleh CatPerKur | 19/07/2010 | Balas

    • salam kenal kembali… trim dah mampir…..

      Komentar oleh Pendaki | 22/07/2010 | Balas

  5. Info yg sangat berguna nih….terima kasih sudah mau sharing dan salam kenal :)

    Salam,
    Harga Ponsel

    Komentar oleh Harga Ponsel | 25/07/2010 | Balas

    • sama2…. salam kenal kembali

      Komentar oleh Pendaki | 27/07/2010 | Balas

  6. salam rimba Indonesia!

    Komentar oleh Belantara Indonesia | 05/09/2010 | Balas

    • Salam Rimba… salamkenal…lestari

      Komentar oleh Pendaki | 07/09/2010 | Balas

  7. SALAM RIMBA…LESTARI…Salam kenal DAB BRO…

    Komentar oleh ARDHIE BOLANX | 11/10/2011 | Balas

  8. salam lestari bro…ane pengen naek ke puncak maha meru, kira2 bisa g yah klo ane naeknya sendiri (maksud ane sendiri dari tempat asal ane bro…)

    Komentar oleh Ali Akbar | 24/07/2013 | Balas

    • Bs saja kok bro. nanti di pendaftaran ikut kelompok lain. disana juga banyak teman kok.

      Komentar oleh Pendaki | 31/07/2013 | Balas

  9. yak ….buruan daki…mumpung hoki

    Komentar oleh COVERJOK (joint with us) | 30/09/2013 | Balas

    • yuuuuk… jangan lupa prosedur keselamatan…. trim dah mampir

      Komentar oleh Pendaki | 09/02/2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: