Pendaki Jogja

Mengikuti Kata Hati Menapaki Bumi

Ranu Gumbolo & Tanjakan Cinta

Sungguh indah kecantikan Ranu Kumbolo/2400 mdpl (Ranu artinya danau, sedang Gumbolo adalah gembala) di waktu pagi.disaat cerah maka mentari akan muncul diantara dua bukit di sebelah timur ranu gumbolo. Kabut menguap dari permukaan air danau, yang akan menciptakan panorama keindahan tersendiri yang tidak akan dijumpai di danau manapun. di sekeliling danau inilah Pohon=pohon pinus menjulang, menciptakan suasana asri yang tak tertandingi.

di sebelah barat danau atau di belakang kita, saat kita menikmati indahnya Ranu Gumbolo ada Sebuah bukit tinggi menjulang. dengan kemiringan tidak kurang dari 45 derajat.tanjakan yang landai tapi panjang tersebut mendapat julukan Tanjakan Cinta lantaran mitos yang beredar di kalangan pendaki.
“Barang siapa yang bisa terus berjalan tanpa berhenti hingga di atas bukit dan tanpa menoleh ke belakang, jika sedang jatuh cinta akan berakhir bahagia,” .“Itulah mitos tanjakan cinta,
Mitos ini lahir dari kisah dua sejoli yang sudah tunangan yang mendaki Gunung Semeru.
Konon, waktu itu, si cowok melewati tanjakan tersebut lebih dulu. Sementara calon istrinya kepayahan naik tanjakan itu, cowok tadi cuma melihat dari atas sambil foto-foto. Naas, pendaki cewek ini tiba-tiba pingsan dan jatuh terguling ke bawah, kemudian tewas.

Kebenaran akan mitos itu belum pernah terbukti.. anda percaya/tidak atau penasaran.??? silahkan buktikan sendiri di Gunung semeru.

About these ads

15/06/2010 - Posted by | EDELWEISS, gunung, Gunung tertinggi, JALUR PENDAKIAN, pecinta alam, Pendaki | , , ,

25 Komentar »

  1. barusan lihat Ranu Kumbolo di google map, kayaknya dataran sekitar danau itu bekas kawah…
    jalur mendaki Semeru itu biasanya dari Bromo ya?

    Komentar oleh apdri | 24/06/2010 | Balas

  2. Kalau Bekas kawah kayaknya bukan.. itu kayaknya hanya cekungan aja yang terisi air.
    biasanya dari Malang ( pasar Tumpang ) naik Jeep 4WD ke Ranu Pane. baru naik ke Semeru. kalau ke Bromo rata2 pulangnya setelah dari Semeru. lebih asik lagi jalan kaki di lautan pasirnya. tapi diusahakan sore. jadi tidak terlalu panas. lebih asik

    Komentar oleh Pendaki | 24/06/2010 | Balas

  3. salam kenal :)
    saya pengen kesini [semeru dan sekitarnya] tapi belum kesampaian aja :(

    Komentar oleh zoerry | 12/07/2010 | Balas

    • Cobalah Kesana… pasti ditanggung pengen kesana lagi…. asik, indah dan menyenangkan. lebih asik lagi pasa 17 Agustus atau Tahun Baru…. salam kenal kembali… trim dah mampir.

      Komentar oleh Pendaki | 15/07/2010 | Balas

  4. Ranu Gumbolo… saya merinding nih mas…. saya kpingin banget ke sana…

    Komentar oleh milimeterst | 21/08/2010 | Balas

  5. ranu gumbolo adalah sebuah mimpi yang belum terwujud…… dulu pernah ke bromo tp itu sebatas rekreasi aja dan bukan sebuah pendakian.

    Komentar oleh bejo | 29/10/2010 | Balas

    • Bromo tidak kalah cantik ko bro.. yah kapan2 bisa ke Ranu Gumbolo lah. nikmati keindahanya. trim dah berkunjung

      Komentar oleh Pendaki | 02/11/2010 | Balas

  6. bro, saya dari makassar sulawesi selatan,..
    saya mau tanya kalo ongkos ke semeru itu berapaan>>???

    Komentar oleh imanMPL_09 | 18/03/2011 | Balas

    • wah kalo dari makasar sendiri terus terang gak tau bro. tapi dari kl dari Jogja saya habis 500. dah plus mampir bromo waktu belum bergejolak.

      Komentar oleh Pendaki | 20/04/2011 | Balas

  7. Ada yang mempunyai panggilan cita cita kesana tidak, saya sangat memimpikan kesana, kabari saya, saya ingin bergabung untuk menikmati selimut kabut ranu gumbolo

    Komentar oleh alatkesehatanjogja | 13/06/2011 | Balas

  8. kebetulan kemaren aq abis dari ranugumbolo, wah sebuah kesan yg tk terlupakan kyknya aq pengen ke sana lagi

    Komentar oleh andrie | 06/07/2011 | Balas

    • yup.. ranugumbolo emang mengasikan untuk dinikmati. trim dah mampir………..

      Komentar oleh Pendaki | 13/07/2011 | Balas

  9. saya belum tahu carnya ke semeru
    naik apa ya kalau dari surabya ?

    Komentar oleh ardana ardianto | 21/08/2011 | Balas

    • kl dari Surabaya biasanya langsung ke Malang dulu. naik aja kereta Penataran. sampai Malang ambil yang ke jurusan Pasar Tumpang. belanja2 dulu buat bekal. baru naik ranger ke Ranu Pane yang nantinya berenti di pos pendaftaran masuk TNBTS.

      Komentar oleh Pendaki | 06/09/2011 | Balas

  10. keren gan. . . kapan mau summit mahameru lagi gan. . inbox ane yaw gan. . .makacih :)

    Komentar oleh Ujik Mujiran | 06/02/2013 | Balas

    • wah kalau saya belum tahu nih gan. masih nunggu si kecil. tapi kalau temen2 ada tuh rencana april… nanti bisa dikabari. trim dah mampir

      Komentar oleh Pendaki | 08/03/2013 | Balas

  11. Hi, this weekend is pleasant in support of me, as this moment i am
    reading this fantastic educational post here at my home.

    Komentar oleh 3x pitching scam | 24/06/2013 | Balas

    • thank you, have read some of our posts.

      Komentar oleh Pendaki | 23/07/2013 | Balas

  12. mau tanya mas, pendakian ke semeru kira kira membutuhkan waktu berapa hari ya? terimakasih :)

    Komentar oleh wahyu ersandy | 07/07/2013 | Balas

    • yang pernah say lakukan dengan pendakian yang santai 3 hari 2 malam om. pagi dari ranupane. camp di ranukumbolo. pagi berangkat lagi dan camp lagi di arcopodo. sekarang banyak yang camp di kalimati. sebab ada sumber air. sumber mani namanya. setelah malem jam 2an berangkat kepuncak kita langsun turun untuk camp di ranaukumbolo lagi. baru pulang

      Komentar oleh Pendaki | 23/07/2013 | Balas

  13. ranu kumbolo…. dengan kemegahannya, kearifanya dan keindahannya. Itulah alasan saya memberikan nama anak saya Kenzie Ranu Kumbolo Asdi.

    Komentar oleh Singgih Tri | 06/09/2013 | Balas

    • salut… semoga kemegahan dan keindahanya bisa terwujud dalam diri ananda tercinta.
      trim dah mampir

      Komentar oleh Pendaki | 09/02/2014 | Balas

  14. Pengen kesana tapi kapan yaaaaaaa,, :(

    Komentar oleh Jhito ajhah | 08/11/2013 | Balas

    • kapan pun bisa.. buat kesempatan dan persiapkan dengan matang segala sesuatunya. semangaaat….trim dah mampir

      Komentar oleh Pendaki | 09/02/2014 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: